Tuesday, August 01, 2017

EUFORIA SETAHUN YANG LALU


Tiba hari H, tepat setahun yg lalu.



Saya hanya diberi waktu 10 hari dari Ujian Tertutup menuju Ujian Terbuka Promosi Doktor.
Setiap detil sy catat di agenda sy.


Tentang KONSEP. Itu adalah konsep SMS kepada Calon Penguji Luar yg sy buat berkali2 sebelum yakin untuk dikirim. Sampai harus sy konsep di agenda dulu kalimat per kalimatnya.

Tentang BIAYA SIDANG PROMOSI. Sy bersyukur karena ujian terbuka promosi di kampus ini ternyata tak terlalu menakutkan. Biaya sidang sy tak menembus angka "jeti-jeti" seperti yg pernah saya dengar di kampus lain. Cukup sederhana tanpa kehilangan nilai sakralnya. Jika mau mewah, boleh, tp tdk disarankan. Malah denger2 ada dosen yg suka menolak pemberian mhsw jika harganya kelewat mahal.

Tentang HABIBIE. "Menjadi mahasiswa adalah sebuah kehormatan. Adalah tanggung jawab". Itu adalah quote yg diucapkan Eyang Habibie saat menjalani masa studinya di Jerman. Seminggu sebelum sidang, Film Habibie Ainun 2 telah rilis. Menonton film ini, saya seperti ditarik ke rentang masa 2011-2016. Weuh...lama ya. Ada bbrp scenes yg rasanya sama. Terlebih krn sy pun menggunakan "paspor hijau" alias swadana utk biaya kuliah. Di Habibie Ainun 1 pun begitu. Eyang pernah ngomong gini ke Ibu Ainun... "Ainun, kita ini seperti sedang berada di sebuah lorong, gelap, panjang… Tapi setiap lorong pasti ada ujungnya, pasti ada cahaya yang menuntunnya. Aku janji akan membawamu ke cahaya itu.”
Lorong yg sy tempuh mulai gelap sekitar semester 3-an lah. Baru beneran liat cahaya tuh baru saat lepas sidang promosi ini. 😊

Lalu terakhir tentang KESAN2 PROMOSI. Itu adalah konsep yg sy susun di sela2 perjalanan menuju Sidang. Bahkan sy buat di samping podium. Tambahan teks lainnya, sy tulis di kertas. Karena hanya diberi waktu 5 menit, jd waktu ngomongnya disesuaikan.
Pake acara nangis? Hmmm...spertinya hanya berkaca-kaca aja deh. Soalnya sy tengsin sama supervisor. Hanya sempat terasa sesak pas awal ngomong dan di pertengahan waktu, saat mengucapkan terima kasih dan menatap ke arah Bapak dan Kakak selaku keluarga yg hadir.

Selesai sidang, seorang rekan langsung menuju ke arah saya memberi sebuket bunga sambil berlinang air mata. 😢

Selanjutnya sesi foto bersama. Selesai.

------
Setahun berlalu...cukup utk meregangkan hati dan pikiran yang bbrp tahun ditempa. Kembali ke jadwal aktivitas yg normal. Masih banyak PR tapi...nikmati aja dulu 😊😊😊

No comments: